baja ringan

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Ketika ingin pembangunan sebuah rumah, terdapat beragam jenis atap rumah yang dapat digunakan. Pemilihan atap rumah ini dapat disesuaikan dengan arsitektur dari rumah itu sendiri. jika era dulu, kayu menjadi bahan pembangunan atap yang sangat pokok dan popular. Akan tetapi di era saat ini sudah banyak jenis rangka atap rumah yang dapat digunakan. Salah satu rangka atap ini adalah baja ringan. 

Dari perubahan gaya penggunaan rangka atap di era saat ini, terdapat beberapa kekurangan dari  rangka atap baja ringan. Berikut ini akan disajikan bebera kelemahan yang diakibat menggunaka rangka baja ringan sebagai atap sebuah rumah. 

  1. Tampilan tidak Menarik
    Ketika ingin memilih rangka atap sebenarnya memang harus menyesuaikan dengan jenis atap yang akan digunakan. Hal ini kaitannya dengan kerapatan rangka atap yang akan disusun. Jika kita akan menggunakan jenis atap yang memiliki berat yang lumayan, makan kita harus mengatur susunan rangka agar lebih rapat. Susunan ini untuk menyangga berat dari atap itu sendiri.
    Kekurangan dari  rangka atap baja ringan yaitu susunan rangka harus disusun secara rapat. Kondisi ini tentunya, mengakibatkan tampilan dari rangka atap menjadi tidak menarik.
  2. Mudah terbawa angin
    Bukan hanya pada unsur estetika, penggunaan rangka atap baja ringan juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini yaitu, konstruksi rangka baja sangat rentan terhadap daerah yang berangin kuat. Rangka atap baja ringan dimungkinkan lepas apabila terjadi angin yang lumayan kencang. 
    Kekurangan ini diakibatkan karena oleh sambngunan pada rangka ini hanya menggunakan baut maupun sekrup. Dengan penyambungan ini, jika rangka baja ringan digoyangkan dengan angin kencang secara terus menerus, mengakibatkan hkaitannya baut ataupun sekrup menjadi mengendur.
  3. Bukan material yang fleksibel
    Dalam penggunaan rangka atap baja ringan, struktur dan bentuk sudah bawaan dari pabrik dan tidak bisa diubah-ubah. Hal ini berbeda dengan bahan rangka yang berasal dari kayu. Pada jenis rangka atap baja ringan susah untuk dibentuk dengan profil dan bentuk yang kita inginkan.
    Berakibat fatal bila salah menghitung
    Ketika menggunakan rangka atap baja ringan, harus menggunakan perhitungan yang matang. Apabila pada penyusunan dan perhitungan antara rangka dan atap terjadi kesalahan, maka akan berdampak terhadap faktor kekokohan maupun keamanan dari atap itu sendiri. Hal ini menjadi kekurangan dari  rangka atap baja ringan.

Meski memiliki beberapa kekurangan diatas, ada banyak kelebihan dari rangka atap baja ringan ini yang menjadikannya opsi pilihan terbaik dibandingkan kayu.

Posts created 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 Vitrierparis17eme