Ilustrasi makanan yang dikemas dengan kemasan kardus

Pernah Dengar Vacuum Packaging?

Banyak orang sudah cukup tahu tentang kemasan vacuum namun kadang kurang mengerti apa sebenarnya pengemasan vakum tersebut. Metode pengemasan vacuum sudah cukup lama hadir dan metode ini cukup sering digunakan oleh para pengusaha di bidang makanan untuk mengawetkan makanan saat dijual kepada pelanggan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk pengemasan vakum adalah sammic vacuum pack machine.

Tujuan utama dari penggunaan kemasan vakum yakni untuk menghilangkan oksigen di dalam tempat penyimpanan. Mengapa oksigen perlu dihilangkan? Karena ada beberapa jenis bakteri yang membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidupnya. 

Meskipun proses vacuum packing memperpanjang daya simpan suatu produk namun sebagai produsen makanan anda tetap harus jeli memilih plastik yang akan anda gunakan untuk mengemas makanan. Karena tidak semua plastik dapat digunakan sebagai kemasan vacuum. Saat ini jenis plastik vacuum yang ada di pasaran merupakan plastik nylon hal ini disebabkan karena elastisitas dan daya rekatnya yang cukup kuat sehingga setelah plastik dikeluarkan kandungan oksigennya dengan menggunakan pompa maka nantinya bisa direkatkan dengan sammic vacuum pack machine.

Ketika berbicara mengenai plastik vacuum maka anda akan menemukan fakta bahwa ada harga ada rupa. Plastik vacuum yang lebih mahal sampai saat ini masih dianggap sebagai plastik yang lebih awet dan tahan lama serta tidak mudah bocor.

Proses vacuum suatu produk menggunakan prinsip pengurangan oksigen dalam atmosfer. Ketika oksigen sudah berhasil dikurangi atau dikeluarkan dari kemasan maka waktu kadaluarsa sebuah produk akan lebih panjang hal ini disebabkan bakteri yang membutuhkan oksigen tidak bisa berkembang biak. 

Pengurangan oksigen atmosfer yang terdapat di dalam kemasan selain mencegah pertumbuhan bakteri aerobik (bakteri yang membutuhkan udara untuk berkembang) juga mampu menekan perkembangan jamur. Hal ini karena ketika oksigen dikeluarkan suhu udara di dalam kemasan tidak lagi lembab. 

Bahan apa sajakah yang bisa anda simpan di dalam kemasan vacuum? Sebenarnya cukup banyak contohnya sereal, kacang – kacangan, keju, daging, keripik, ikan asap, rendah, sosis, ayam presto nugget dan berbagai jenis makanan lainnya. Intinya makanan akan lebih awet disimpan dalam vacuum.

Posts created 33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 Vitrierparis17eme