Pastikan Memilih Pabrik Hand Sanitizer Yang Berkualitas Dan Terpercaya

Kelangkaan alat pelindung diri (APD) disebabkan oleh lonjakan drastis kebutuhan APD semejak covid-19 mulai mewabah. Mulai dari masker, handsanitizer, hingga baju khusus untuk petugas medis kian sulit dicari. Bahkan bila APD tersedia, tak jarang harga yang ditawarkannya sangatlah mahal dibandingkan harga normal. Karena hal inilah banyak bermunculan pabrik alat kesehatan, termasuk pabrik hand sanitizer guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan tenaga medis. 

Cara Memastikan Pabrik Hand Sanitizer Berkualitas

Keberadaan pabrik-pabrik yang memproduksi alat pelindung diri memang sangatlah membantu memenuhi kelangkaan alat perlindungan diri seperti hand sanitizer. Meskipun begitu, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan pabrik yang berkualitas dan dapat dipercaya. Sehingga saat menggunakan produk tersebut tidak akan membahayakan kesehatan. Lantas, bagaimana cara memastikan pabrik hand sanitizer berkualitas dan terpercaya? Mari simak ulasan berikut!

  1. Produk Hand Sanitizer Memiliki Label PKD/PKL

Salah satu poin yang dapat menandakan produk hand sanitizer dari pabrik aman digunakan ialah adanya nomor registrasi berupa kode PKD maupun PKL yang diikuti dengan angka-angka sebagai nomor registrasinya. Perlu diingat, yang dimaksud nomor registrasi disini bukanlah kode BPOM, melainkan izin dari Kementrian Kesehatan dengan kode PKD yang menandakan handsanitizer produksi dalam negeri dan kode PKL produk hand sanitizer yang diimpor dari luar negeri. Apabila hand sanitizer yang Anda peroleh memiliki nomor registrasi dari KEMENKES RI dengan kode PKD atau PKL maka menandakan produk tersebut sudah memenuhi persyaratan keamanan yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan.

  1. Pastikan Mengecek Nomor Registrasi Hand Sanitizer

Apabila Anda menggunakan produk yang termasuk dalam kategori alat kesehatan seperti handrub, hand sanitizer maupun alat kesehatan lainnya. Maka Anda bisa langsung masuk ke dalam web info alat kesehatan dari Kementrian Kesehatan RI. Selanjutnya pada kolom pencarian, Anda bisa mencari berdasarkan nama produk, izin edar, kabupaten maupun kota pendaftarnya. Bila Anda menemukan produk hand sanitizer yang diperoleh dari pabrik tersebut di web info alat kesehatan dari Kementrian kesehatan RI maka menandakan produk tersebut memang aman digunakan.

  1. Perhatikan Nama Pabrik Yang Memproduksinya

Ketika Anda membeli hand sanitizer perhatikan nama pabrik yang memproduksinya secara teliti. Pasalnya kini ada juga oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memproduksi produk hand sanitizer abal-abal. Selain itu, perhatikan juga produk hand sanitizer tersebut mencantumkan formula hand sanitizer yang sesuai rekomendasi WHO, kode dan tanggal produksi, detail komposisi, label mudah terbakar, hindari kontak dengan mata, jauhi dari jangkauan anak-anak, serta label penting lainnya. Dengan mencantumkan berbagai hal tersebut, tentunya para pengguna akan lebih berhati-hati saat menggunakan produk hand sanitizer.

Itulah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan ketika mencari pabrik hand sanitizer berkualitas dan dapat dipercaya. Semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda sekalian.

Posts created 37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 Vitrierparis17eme