ilustrasi kehamilan

Mengetahui Kesuburan Wanita beserta Tandanya

Kesuburan adalah ukuran bagi seorang laki-laki dan perempuan agar mampu memiliki anak. Masa subur terjadi saat indung telur melepaskan sel telur ke dalam saluran indung telur dan sudah siap untuk dibuahi. Mengetahui masa subur dengan pasti bisa konsultasi kepada dokter ahli atau dengan alat tes kesuburan wanita di apotik.

Tanda Berlangsungnya Masa Subur Wanita

Selain dengan alat tes kesuburan wanita di apotik, ada beberapa ciri yang dilihat pada wanita saat sedang mengalami masa subur

  1. Berubahnya cairan serviks

Pada saat masa subur biasanya wanita akan mengeluarkan cairan serviks yang lebih lengket dan berwarna putih seperti telur. Jumlah cairan yang dikeluarkan juga lebih banyak dari biasanya. Beberapa wanita juga akan mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan.

  1. Perubahan pada leher rahim

Leher rahim atau serviks akan terbuka dan lebih lembut serta basah. Untuk memeriksa perubahan bisa dengan memasukan jari bersih pada vagina atau dengan memeriksakan diri ke dokter.

  1. Peningkatan gairah seks

Meskipun bukan satu-satunya ukuran wanita memasuki masa subur, biasanya wanita akan cenderung mengalami peningkatan libido saat sedang subur.

  1. Payudara terasa nyeri

Masa subur juga bisa ditandai jika payudara terasa nyeri. Biasanya terjadi di waktu akhir menstruasi. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon saat sebelum dan sesudah masa menstruasi.

  1. Berubahnya suhu tubuh basal

Suhu tubuh basal merupakan suhu tubuh saat sedang beristirahat yang bisa diukur saat bangun tidur di pagi hari. Suhu tubuh akan sedikit menurun saat mendekati masa ovulasi. Kemudiah suhu tubuh akan kembali meningkat pada masa subur.

  1. Menjadi lebih sensitif

Wanita yang sedang dalam masa subur biasanya akan menjadi lebih sensitif terutama pada indera penciuman. Indera penciuman akan menjadi lebih tajam dan peka terhadap bau yang ada di sekitar. 

Cara Mengetahui Masa Subur

Selain memperhatikan tanda-tanda perubahan tubuh untuk mengetahui masa subur juga bisa dilakukan dengan cara lain.

  1. Membuat catatan jadwal menstruasi

Caranya dengan mencatat kapan menstruasi mulai berlangsung dan kapan berakhirnya. Jika siklus menstruasi yang dialami teratur setiap bulannya maka masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum masa menstruasi selanjutnya.

Atau bisa dengan melakukan perhitungan berupa:

  1. Menghitung siklus menstruasi terpendek dan dikurangi dengan angka 18. Ini untuk mengetahui awal masa subur berlangsung. 
  2. Menghitung siklus menstruasi terpanjang dan dikurangi dengan angka 11. Ini untuk mengetahui hari terakhir masa subur berlangsung.

Sebagai contoh:

Siklus menstruasi terpendek adalah 27 hari. 27 – 18 = 9

Siklus menstruasi terpanjang adalah 30 hari. 30 – 11= 19

Bisa disimpulkan apabila siklus menstruasi seseorang rata-ratanya 27 sampai 30 hari, maka masa subur akan terjadi pada hari ke 9 sampai hari ke 19.

  1. Menggunakan alat pengecek kesuburan

Alat tes kesuburan wanita di apotik dapat mengukur tingkat hormon luteinizing. Pada wanita hormon luteinizing memiliki fungsi untuk merangsang keluarnya sel telur dari ovarium. Alat ini juga bisa mendeteksi hari paling subur selama masa subur berlangsung.

Posts created 48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 Vitrierparis17eme